Minggu, 12 Desember 2010

MENHUT ZULKIFLI HASAN TANAM POHON DI BENGKALIS



Menhut ZULKIFILI HASAN
 
Bengkalis, Bertempat di halaman Kampus Politeknik Jalan Pramuka Kota Bengkalis tanggal 12 Desember2010Menteri Kehutanan Zulkifli Hasan secara simbolis meresmikan Penanaman Satu Milyard Pohon program Nasional di Kabupaten Bengkalis.  Menteri mendarat di Kota Bengkalis dengan sebuah Helicopter dari Pekanbaru Minggu 12 Desember sekitar Jam 10.00 pagi.  Dihadapan Masyarakat, mahasiswa dan pelajar serta para Kadis, Kepala Kantor, Camat dan UPTD  dan undangan.  Sang Menteri sangat mengharapkan kepada semua pihak untuk ikut serta berpartisispasi mendukung program Nasional yang sedang berjalan ini.  Menurut Menteri bahwa perubahan iklim atau sering disebut global warming atau pemanasan menyeluruh merupakan naiknya suhu di muka bumi, sehingga meyebabkan iklim tidak menentu dan naiknya permukaan air laut, sehingga dapat mengancam kehidupan manusia dan Dunia.  Untuk itu harap menteri  program yang di canangkan Pemerintah untuk menanam satu milyard pohon atau yang disebut One Bileon Indonesia Tres (OBIT) diseluruh Indonesia sudah sangat mendesak dan harus di laksanakan.
Penanaman Pohon adalah Amanat Tuhan Yang Maha Esa.  Untuk itu diminta kepada mereka yang memiliki Hak Pengusahaan Hutan agar segera menanam pohon di areal nya kembali.  Kepada Masyarakat Desa juga sangat diharapkan agar menanam pohon kembali disekitar hutan dan lahan kosong yang masih ada.  Bagi Perusahaan yang memiliki hak pengusahaan Hutan tetap menjaga hutan di sekitar Desa. Menteri juga mengingatkan agar Pihak Perusahaan pengelola Hutan memberikan sebahagian hasil hutan kepada warga Desa di sekeliling Perusahaan mereka.
Setelah selesai menyampaikan pidatonya, pada kesempatan itu Pak Menteri dan Bupati Bengkalis Herlian Saleh para Pejabat, PNS serta Mahasiswa dan para Pelajar Setingkat  SMU, SLTP dan SD beserta Masyarakat Bengkalis yang mewakili. Secara simbolis Menteri beserta Bupati Bengkalis dan  para peserta, serentak menanam pohon yang masih  kecil itu disekitar Jalan Pramuka tepat nya dihalaman Kampus Politeknik Bengkalis.  Tampak Sang Menteri memegang bibit pohon dan langsung memasukan kelubang tanah yang tersedia, lalu memegang cangkul dan menutup akar pohon  dengan tanah.
Menurut Maksum, Kepala UPTD dari Kecamatan Pinggir yang sempat memberikan komentarnya ke media ini di Bengkalis.  Menurutnya, sebelum pencanangan penanaman Pohon di Bengkalis, di Kecamatan Pinggir telah dilaksanakan penanaman 600 pohon. Hal ini kami lakukan bersama masyarakat setempat kata Maksum.  Sementara di Kantor Dinas Kehutanan Bengkalis para pegawai terlihat sibuk memberikan secara cuma cuma bibit pohon produktif seperti bibit Durian, Nangka, Rambutan Langsat dan bibit lain Nya kepada Masyarakat.
Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kabupaten Bengkalis Drs.H.Ismail MP mengatakan, masyarakat yang ada di Kabupaten Bengkalis yang memiliki lahan dan  ingin menanam pohon produktif dapat meminta langsung kepada Kantor Dinas.  Bibit yang telah tumbuh sudah disiapkan di sekitar Kantor Kehutanan dan Perkebunan Bengkalis. Bibit dimaksud berupa Bibit Durian, Nangka, Rambutan, mangga dan Lainnya.  Bibit ini telah tumbuh dan siap tanam. Hanya saja menurut Pak Kadis ,mereka harus memenuhi persyaratan, memiliki KTP dan Kartu Keluarga serta lahan yang tersedia.  ( Hotman Silaban )

1 komentar:

Unknown mengatakan...

tapi kalo bisa alangkah baik nya kalo di perbanyak pohon bakau nya..
karna saya dapat info daerah yg berada di pinggir laut udah pd terkikis ...
maju terus Bengkalis//!!

Posting Komentar

 
Great HTML Templates from easytemplates.com.